Tips Menyelam di Bali dan Persiapan yang Dibutuhkan

Tips Menyelam di Bali dan Persiapan yang Dibutuhkan

Dalam menyelam di Bali pastinya dibutuhkan persiapan dan peralatan yang memadai. Untuk itu mengetahui tips menyelam di Bali adalah suatu keharusan bagi semua calon penyelam.

Tips menyelam di Bali tentunya diperlukan bagi siapapun yang akan menyelam. Memang olahraga yang satu ini terlihat mudah dilakukan. Akan tetapi jika caranya salah maka Anda bisa terluka atau cidera. Maka dari itu, penting bagi semua calon penyelam untuk mengikuti aturan serta hal-hal yang wajib dilakukan sebelum menyelam.

Peralatan dan Tips Menyelam di Bali

Perlu diketahui jika Bali memiliki beberapa spot menyelam yang cantik. Untuk bisa kesana Anda bisa menaiki kendaraan pribadi ataupun umum. Jika ingin solusi lain maka bisa saja rental mobil Bali ataupun coba sewa motor di Bali. Sebelum menyelam pastinya ada sejumlah peralatan yang mendukung Anda. Berikut daftarnya:

1. Peralatan Menyelam Dasar

Peralatan menyelam dibagi menjadi dua yaitu peralatan dasar dan tambahan. Peralatan tersebut menunjang keberhasilan Anda nanti jika sudah berada di bawah air. Apa saja peralatan yang dibutuhkan? Untuk peralatan dasar, maka Anda harus menyediakannya sebelum masuk ke dalam air. Jika salah satu dari peralatan tersebut tidak ada maka bisa berbahaya nantinya. Adapun peralatan tersebut antara lain snorkel, rompi apung, masker, fins & boots, weight belt, wet suit, gear bag, sarung tangan, serta pisau selam.

2. Peralatan Menyelam Tambahan

Tips menyelam di Bali dilanjutkan dengan memenuhi peralatan tambahannya. Sesuai dengan namanya yaitu “tambahan”, itu artinya peralatan ini sifatnya tidak sepenting peralatan dasar. Adapun peralatan tambahan yang dibutuhkan adalah depth gauge, peralatan scuba, jam selam, kompas, serta cairan antifog.

Tips Menyelam di Bali yang Aman

Setelah mengetahui peralatan dan persiapan sebelum menyelam di Bali yang wajib Anda lakukan, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui tips menyelam di Bali yang aman. Tips berikut ini bisa membantu Anda ketika menyelam nanti. Dengan begitu maka nanti Anda tidak kaget ketika pertama kali masuk ke dalam air.

1. Pahami Hal yang Akan Dilakukan

Menyelam memang kegiatan yang menyenangkan. Untuk sebagian pemula jika tidak mengetahui tips menyelam di Bali dan tidak mempersiapkan diri dengan baik maka bisa fatal juga. Karena menyelam berhubungan dengan air maka cobalah berlatih bernapas melalui mulut. Pernapasan tersebut menjadikan Anda terbiasa saat menyelam nanti.

2. Hindari Menahan Napas Ketika Sudah Menyelam

Untuk para pemula biasanya cenderung sering menahan napas saat pertama kali menyelam. Jika Anda menahan napas agak lama maka paru-paru bisa cedera. Dengan begitu rasa panik akan seketika dirasakan. Saat penyelam panik biasanya mereka cenderung akan berenang menuju permukaan dengan cepat. Akan tetapi jika buru-buru naik ke permukaan laut saat sedang menyelam maka gelembung gas nitrogen di darah bisa muncul. Hal itulah yang membahayakan mereka.

3. Dengarkan Instruksi Dengan Benar

Tips menyelam di Bali selanjutnya adalah dengarkan instruksi dengan benar. Instruktur biasanya akan menjelaskan dengan detail fungsi dari alat-alat yang akan dikenakan. Dengarkan dan perhatikanlah dengan saksama. Jika dirasa belum jelas maka tanyakan saja. Pastikan pula semua alat yang akan dipakai berfungsi dengan baik dan tidak ada gangguan. Jangan pernah menyepelekan instruksi tersebut karena bisa berdampak buruk bagi Anda sendiri.

Demikianlah penjelasan tentang tips menyelam di Bali dan peralatan apa saja yang dibutuhkan. Untuk para pemula, tidak perlu khawatir, biasanya pemula akan didampingi pelatih saat pertama kali menyelam. Jadi jangan segan untuk bertanya mengenai keselamatan Anda nanti saat ada di bawah air. Dengan begitu maka kegiatan menyelam jadi lebih aman dan menyenangkan.